Hari Terakhir Mengajar, 12 April 2017

Hari ini adalah hari terakhir kami ngajar di Tk Aisyiyah Al Ihsan. Kami melakukan briefing pagi untuk yang terakhir kalinya. Dan setelah briefing, seperti biasanya kami semua makan pagi sebelum bersiap-siap mengajar anak-anak di TK Aisyiyah Al Ihsan. Sambil menunggu anak-anak semua berkumpul dan memulai doa pagi mereka kami membagi tugas untuk mempersiapkan semuanya secara teratur. Beberapa dari kami ada yang menyiapkan bahan-bahan untuk belajar mengajar nantinya dan beberapa dari kami memulai olahraga pagi dengan senam pinguin bersama anak-anak sekalian. Olahraga pagi ini selalu dilakukan oleh sekolah ini sebelum anak-anak masuk ke kelas mereka masing-masing. Setelah selesai senam barulah anak-anak tersebut masuk ke kelas mereka masing-masing dan melakukan semua kegiatan ngajar belajar.

Di hari terakhir ini TK-A dan TK-B 1 mendapat pelajaran yang sama yaitu Alat Telekomunikasi. Dan di TK-B 2 mendapat pelajaran Science. Di TK-A mempelajari beberapa jenis alat komunikasi dan indra apa saja yang digunakan ketika menggunakan telekomunikasi tersebut. Setelah mereka sudah mengetahui beberapa jenis alat komunikasi yang dipakai dan indra apa saja yang digunakan, kami meminta mereka untuk menarik garis berdasarkan angka dan alphabet. Kami telah menyediakan kertas yang mereka akan buat.

Membantu Mereka Untuk Menarik Garis Berdasarkan Angka

Membantu Mereka Untuk Menarik Garis berdasarkan alphabet

Di TK-B 1 hari ini mempelajari jenis pelajaran yang sama dengan TK-A. TK-B 1 juga mempelajari beberapa jenis alat komunikasi tapi bedanya mereka di berikan kertas yang memiliki gambar tentang alat telekomunikasi dan diminta untuk mewarnai gambar tersebut.

Menjelaskan Beberapa Alat Telekomunikasi Kepada Anak-Anak

Melihat Tugas TK-B 2

Di TK-B 2 hari ini melakukan percobaan tentang science. Percobaan mereka kali ini adalah mengambil koin tanpa basah. Dipercobaannini membutuhkan koin, air, gelas, piring, dan lilin. Jadi percobaan kali ini memberitahukan kepada anak-anak bahwa lilin yang mati karena ditutup gelas itu di akibatkan oleh oksigen yang lama kelamaan menghilang. Terus percobaan ini juga bertujuan untuk menunjukan pada anak-anak bagaimana cara mengambil koin tanpa basah. Bagaimana caranya? Kami menunjukkannya dengan cara menjelaskan bahwa air yang awalnya berada diluar gelas akan masuk ke dalam gelas dikarenakan tekanan di dalam gelas lebih rendah dibandingkan tekanan yang ada diluar gelas. Setelah itu kami memberikan 2 tugas lagi yaitu mewarnai gambar yang telah kami sediakan dan juga mengerjakan majalah dari sekolah.

Membantu Anak-Anak Mewarnai dan Mengerjakan Majalah

Membantu Anak-Anak Mewarnai

 

Ketika semua kegiatan sudah selesai, anak-anak pun beristirahat untuk makan siang dan bermain sebentar. Sebelum mereka makan dan main, mereka selalu berdoa bersama-sama terlebih dahulu. Setelah makan mereka bermain sebentar bersama kami. Kemudian anak-anak merapikan semuanya dan bersiap-siap untuk naik ke lantai 2 untuk mengikuti acara perpisahan yang kami sudah siapkan. Kegiatan kami kali ini sangatlah sedikit dikarenakan kami membuat acara perpisahan dengan anak-anak tersebut. Di acara perpisahan kali ini, kami berseru-seruan bersama dengan anak-anak tersebut. Kami melakukan games yang berjudul kuda bisik yang dibagi menjadi 3 kelompok  berdasarkan kelas mereka masing-masing. Anak-anak tersebut sangat kompak mendukung kelas mereka masing-masing. Kami mengulang sebanyak 4 kali dan pemenang dari games ini adalah TK-B 2 dan TK-B 1. Kemudian kami melanjutkan ke games berikutnya yaitu saling mengoporkan karet menggunakan pipet. Kami pertama-tama memberikan mereka contoh terlebih dahulu. Setelah itu kami meminta salah satu gurunya untuk membagikan mereka ke dalam 8 kelompok secara beracak. Kami mengulangi sebanyak 3 kali dan setelah itu barulah kami menutup acara tersebut dengan foto-foto bersama dengan anak-anak dan guru di TK Aisyiyah Al Ihsan. Setelah foto bersama, kami dari mahasiswa BINUS memberikan kenangan-kenangan buat mereka. Sebelum kami memberikan kenangan-kenangan tersebut kepada mereka, mereka sempat menyanyikan kami semua 2 buah lagu yang telah diajarkan oleh guru mereka. Mereka mengulanginya lagi setelah kami memberikan kenangan-kenangan tersebut. Kami sangat terharu bahkan beberapa dari kami ada yang menangis dan beberapa dari mereka pun juga ada yang menangis karena merasa ditinggalkan oleh kami. Bel sekolah pun berbunyi, itu tandanya sudah pukul 11.00 siang. Anak-anak sudah harus bersiap-siap untuk pulang karena orang tua mereka sudah datang menjemput mereka. Akhirnya mereka semua berdoa bersama-sama lalu turun ke kelas mereka masing-masing untuk bersiap-siap pulang. Sebelum mereka turun kami memberikan sebuah bingkisan kecil kepada mereka. Sewaktu kami turun, ternyata orang tua murid telah menyediakan kami semua makanan untuk kami makan sebelum kami pulang. Kamipun makan makanan yang telah disediakan untuk kami sebagai rasa hormat kami kepada orang tua murid yang telah capek-capek menyediakan kami semua makan yang sangat nikmat dan lezat lalu kamipun berpamitan dan pulang ke rumah kami masing-masing.

Bermain Kuda Bisik Bersama

Kenangan Dari Kami Buat Mereka

Foto Bersama-Sama

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS