Hari Pertama Mengajar, 29 Maret 2017

Hari ini adalah hari pertama kami mengajar di sekolah TK Aisyiyah Al Ihsan. Kami berkumpul di Silkwood Residences, lalu bersama-sama pergi ke sekolah tersebut. Kami diharuskan oleh kepala sekolahnya untuk berada sebelum anak-anak masuk sekolah. Jadi kami semua sudah harus tiba disana jam 7 pagi dikarenakan jam setengah 8 anak-anak sudah mulai olahraga pagi.

Pada saat kami tiba, kami semua berkumpul untuk briefing terlebih dahulu. Setelah briefing kami semua makan pagi sambil menunggu anak-anak semua berkumpul dan memulai doa pagi mereka. Lalu setelah mereka selesai berdoa kami membagi tugas sehingga kami tidak kebinggungan. Jadi beberapa dari kami ada yang menyiapkan bahan-bahan untuk belajar mengajar nantinya dan beberapa dari kami memulai olahraga pagi dengan senam maumere bersama anak-anak sekalian. Anak-anak sangat antusias dengan senam yang kita berikan. Mereka meminta untuk mengulang terus dan menerus tetapi kita hanya bisa mengulangi senam tersebut sebanyak 2 kali dikarenakan anak-anak sudah harus masuk dikelas mereka masing-masing.

Senam Muamere

Murid-Murid TK-A

Ketika mereka sudah masuk kedalam kelas, kami semua menunggu mereka selasai berdoa terlebih dahulu barulah kami mulai ngajar mengajar. Kami sudah menyiapkan kegiatan dan pelajaran yang akan kami berikan kepada ke masing-masing kelas selama 4 hari mengajar. Hari ini pelajaran di TK-A adalah Matematika, di Tk-B 1 adalah Bahasa Inggris, dan d TK-B 2 adalah Alat Komunikasi. Kami semua mengawali kelas dengan perkenalan terlebih dahulu. Di TK-A memulai pelajaran mereka dengan membagi anak-anak TK-A menjadi 3 kelompok. Kelompok pertama mendapat kegiatan menempel potongan kertas di gambar. Kelompok kedua mendapat menghubungkan angka dengan gambar sesuai dengan jumlahnya. kelompok terakhir mendapat menggambar dan mewarnai pemandangan. Nanti mereka akan secara bergiliran, jadi mereka pasti akan mendapatkan semua kegiatannya. Setelah itu semua selasai anak-anak akan istirarahat untuk makan dan bermain sementar. Sebelum mereka istirahat untuk makan, mereka selalu berdoa bersama-sama terlebih dahulu barulah mereka makan dan setelah makan mereka berdoa lagi lalu biasanya bermain dahulu sebentar. Kemudian kami akan melanjutkan kegiatan terakhir dengan games matematika di luar kelas. Games ini akan buat mereka belajar menghitung menggunakan gambar tapi di games ini mereka melewati beberapa rintangan yang sudah kami buat. Gamesnya seperti gambar dibawah ini.

Games Matematika

Setelah TK-A bermain games bersama kami, mereka bernyanyi beberapa lagu nasional untuk mengingatkan anak-anak tentang lagu nasioanal. Anak-anak sangat senang bernyanyi bersama-sama.

Di Tk-B 1 memulai pelajaran mereka dengan perkenalan diri memakai bahasa inggris. Kami sudah menyiapkan kata-kata yang akan mereka bilang memakai bahasa inggris. Mereka sisa menyebutkan nama, umur, dan hobby. Setelah semua mendapat giliran untuk mencoba, kami memberikan 1 kesempatan untuk anak-anak dari TK-B yang berani maju kedepan untuk memperkenalkan dirinya dalam bahasa inggris dan kami akan memberikan hadiah kepadanya. Setelah itu selesai, kami mengajarkan mereka tentang bagian-bagian tubuh dalam bahasa inggris. Kemudian mereka istirahat untuk makan dan bermain sebentar. Sebelum mereka istirahat untuk makan, mereka selalu berdoa bersama-sama terlebih dahulu barulah mereka makan dan setelah makan mereka berdoa lagi lalu biasanya bermain dahulu sebentar. Lalu kami menyuruh mereka membuat bendara untuk kegiatan terakhir.

Murid-Murid TK-B 1

Murid-Murid TK-B 2

Di TK-B 2 memulai pelajaran mereka dengan games terlebih dahulu agar anak-anak tersebut tidak bosan. Kami memulai games dengan kuda bisik mengenai Indonesia. Kami juga memberikan hadiah kepada pemenang games tersebut tetapi ternyata semua menang jadi kami memberikan kepada mereka semua. Setelah gamesnya berakhirnya, kami memulai pelajaran tetapi sebelum memulai kami membagi anak-anak tersebut ke dalam 3 kelompok terlebih dahulu karena kami memiliki 3 kegiatan di meja mereka. Kelompok pertama mendapat mewarnai gambar yang sudah kami sediahkan buat mereka. Kelompok kedua mendapat menempel potongan gambar yang sudah kami sediahkan. Kelompok terakhir kami berikan buku latihan yang mereka punya tentang alat komunikasi. Nanti mereka akan secara bergiliran, jadi mereka pasti akan mendapatkan semua kegiatannya. Setelah itu semua selasai anak-anak akan istirarahat untuk makan dan bermain sementar. Sebelum mereka istirahat untuk makan, mereka selalu berdoa bersama-sama terlebih dahulu barulah mereka makan dan setelah makan mereka berdoa lagi lalu biasanya bermain dahulu sebentar. Kemudian mereka masuk kelas dan melakukan kegiatan terakhir yaitu Iqro secara bergantian sesuai permintaan dari gurunya.

Membantu Anak-Anak Menempel

Membantu Anak-Anak Mengerjakan Buku Latihan

Anak-Anak TK-B 2

Setelah kegiatan terakhir berakhir, kami harus menutup kegiatan hari ini dengan berdoa dimasing-masing kelas karena waktu sudah menunjukan pukul 11.00 siang yang berarti pelajaran telah berakhir dan anak-anak sudah harus siap-siap pulang. Lalu anak-anak tersebut pulang ke rumah mereka masing-masing. Kami tetap tinggal di sekolah untuk melakukan evaluasi bersama guru-guru yang berada disana. Setelah itu barulah kami pulang ke rumah masing-masing.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS