Hari Ketiga Mengajar, 11 April 2017

Hari ini adalah hari ketiga kami ngajar di TK Aisyiyah Al Ihsan. Seperti di hari-hari sebelumnya, kami selalu melakukan briefing terlebih dahulu. Setelah briefing kami semua makan pagi sambil menunggu anak-anak semua berkumpul dan memulai doa pagi mereka. Lalu setelah mereka selesai berdoa kami membagi tugas untuk menyiapkan semuanya dengan terstruktur. Beberapa dari kami ada yang menyiapkan bahan-bahan untuk belajar mengajar nantinya dan beberapa dari kami menemani anak-anak olahraga pagi bersama guru mereka. Kali ini olahraga pagi mereka bukanlah kami yang membawakan tetapi guru mereka. Guru mereka memberikan senam pagi yang cukup membuat anak-anak semangat di pagi hari. Setelah selesai anak-anak akan masuk ke kelas mereka masing-masing.

Di hari ketiga ini kelas TK-A mempelajari tentang Bahasa Inggris. Di TK-B 1 mempelajari tentang Science. Dan kelas terakhir, TK-B 2 mempelajari tentang Matematika. Seperti di hari-hari sebelumnya, kami semua melakukan perkenalan di masing-masing kelas karena kelas kami rolling tetapi di TK-A melakukan perkenalan memakai bahasa inggris. Kemudian di TK-A, TK-B 1, dan TK-B 2 melanjutkan kegiatan yang sudah kami siapkan. Di TK-A juga mempelajari bagian-bagian tubuh dalam bahasa inggris. Nanti setelah mereka semua sudah mengetahui bagian-bagian tubuh dalam bahasa inggris, mereka akan mengerjakan puzzle yang berhubungan dengan bagian-bagian tubuh yang telah mereka pelajari. Di kelas ini, mereka akan di bagi menjadi 3 kelompok karena ada 3 kegiatan meja. Salah satu kegiatan mejanya adalah puzzle yang berhubungan dengan bagian-bagian tubuh. Kegiatan meja yang lainnya adalah menjiplak peta Indonesia dan menuliskan nama masing-masing pulau dan mewarnai gambar yang telah kami sediakan. Anak-anaknya pasti akan mendapatkan semua kegiatan karena akan secara bergiliran memutari meja.

Membantu Mengejakan Nama Pulau

Membantu Kerjakan Puzzle

Membantu Anak-Anak Yang Kesusahan

TK-B 1

Di TK-B 1 akan melakukan percobaan yang berhubungan dengan Science. Percobaan kali ini, kami akan membuat pelangi menggunakan air, kaca, dan senter. Kami menjelaskan bagaimana cara terbentuknya pelangi menggunakan 3 benda tersebut. Kami juga memberikan kesempatan buat anak-anak di kelas ini untuk mencoba percobaan yang telah kami beri contoh ke mereka. Setelah semua anak-anak telah mencobanya, kami langsung masuk ke kegiatan 3 meja. Jadi mereka akan di bagi menjadi 3 kelompok sesuai dengan kegiatan kami. Kelompok pertama akan belajar menganyam. Mereka akan diajarkan menganyam menggunakan orgimai. Kelompok kedua akan melipat origami. Kami akan mengajarkan mereka melipat origami yang belum pernah mereka pelajari. Kelompok ketiga akan menggambar pemandangan.

Membantu Anak-Anak Menggambar Pemandangan

TK-B 2

Di TK-B 2 kali ini hanya melakukan sedikit kegiatan saja dikarenakan ibunya meminta kami untuk membiarkan anak-anak di kelas ini dapat bermain dengan lebih lama dari biasanya. Jadi kami pertama meminta mereka untuk menempel-nempelkan potongan kertas yang sudah kami sediakan ke kertas yang sudah tersedia gambar yang sudah kami sediakan. Kemudian setelah itu selesai, kami belajar matematika tetapi menggunakan games agar anak-anak tidak bosan belajar pelajaran ini. Gamesnya sama seperti dihari-hari sebelumnya yaitu di luar kelas. Gamesnya yang kami buat seperti belajar berhitung menggunakan gambar-gambar tetapi harus melewati beberapa rintangan terlebih dahulu untuk menentukan jawabannya. Games ini membantu anak-anak untuk menghitung dan juga membuat mereka belajar menjaga keseimbangan. Anak-anak ini sangat kompak dalam bermain games ini. Mereka saling mendukung satu sama lain dengan cara menyorak-nyoraki teman yang lagi bermain.

Membantu Menempel-Nempel Kertas

Setelah semua kegiatan kami sudah selesai, Anak-anak pun isitirahat untuk makan dan bermain sebentar. Sebelum mereka makan dan main, mereka selalu berdoa bersama-sama terlebih dahulu. Pada saat mereka makan, kami pun juga di ajak makan oleh guru-guru mereka karena salah satu orang tua murid dari masing-masing kelas telah menyiapkan anak-anak dan kami semua makanan. Sebagai rasa hormat kami, kami pun makan bersama dengan anak-anak dan ibu guru yang ada di sekolah itu. Setelah makan mereka bermain sebentar bersama kami. Kemudian anak-anak merapikan semuanya dan bersiap-siap untuk naik ke lantai 2 untuk mengikuti ekstrakulikuler dari sekolahnya. Mereka sangat antusias dengan ekstrakulikuler yang akan mereka ikuti. Mereka dengan cepat bersiap-siap lalu kami mengantar mereka semua naik ke lantai 2. Kemudian kami menunggu dikelas masing-masing. 1 jam kemudian bel pun berbunyi. Itu tandanya sudah pukul 11.00 siang, anak-anak sudah harus bersiap-siap untuk pulang. Anak-anak pun turun dari lantai 2 dan langsung masuk kelas mereka masing-masing mengambil barang-barang mereka. Setelah itu mereka berbaris untuk pulang dan mereka pun berpamitan. Setelah mereka pulang, kami harus menunggu anak-anak yang belum dijemput sampai mereka dijemput orang tuanya. Sebelum kami evaluasi kami menyempatkan diri untuk berfoto-foto terlebih dahulu bersama guru-guru dan anak-anak yang masih berada di sekolah. Kemudian barulah kami evaluasi bersama guru yang bersangkutan. Setelah itu barulah kami pulang ke rumah kami masing-masing.

Guru-Guru dan Anak-Anak TK Aisyiyah Al Ihsan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS