Hari Kedua Mengajar, 5 April 2017

Hari ini adalah hari kedua kami mengajar di sekolah TK Aisyiyah Al Ihsan. Kegiatan awal yang selalu kami lakukan adalah briefing bersama sebelum mulai mengajar. Setelah briefing kami semua makan pagi sambil menunggu anak-anak semua berkumpul dan memulai doa pagi mereka. Lalu setelah mereka selesai berdoa kami membagi tugas sehingga kami tidak kebinggungan. Jadi beberapa dari kami ada yang menyiapkan bahan-bahan untuk belajar mengajar nantinya dan beberapa dari kami memulai olahraga pagi dengan bermain ular naga bersama anak-anak sekalian. Setelah selesai anak-anak masuk ke kelas mereka masing-masing.

Briefing Bersama

Anak-Anak Bermain Ular Naga

Pembelajaran hari ini di kelas TK-A adalah Science. Kami memulai pembelajaran kami dengan perkenalan masing-masing karena kami mengajar kelas yang berbeda. Kami diminta oleh kepala sekolah untuk rolling mengajar di hari yang berbeda. Kemudian kami langsung masuk ke kegiatan kami. Kegiatan yang kami pilih untuk anak-anak belajar Science adalah membuat percobaan gunung merapi. Kegiatan ini di lakukan di luar kelas mereka karena percobaan ini nanti mengotori kelas mereka. Kami sudah menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukannya. Kami menjelaskan terlebih dahulu cara buat gunung berapinya. Lalu anak-anak akan diberikan kesempatan untuk mencoba membuatnya masing-masing. Anak-anak TK-A sangat antusias dengan percobaan yang akan kami lakukan. Mereka sangat gembira melakukan percobaan ini. Anak-anak berpikir bahwa itu sebuah sulap. Setelah selesai percobaan, kami masuk ke kelas dan melakukan kegiatan selanjutnya yaitu mewarnai gambar pemandangan yang telah kami sediakan. Kemudian kami meminta anak-anak untuk menempel bendera dari karton. Kami menyuruh mereka menempel bendera dari karton agar mereka dapat menunjukkan kepada orang tua mereka hasil karya mereka. Setelah itu mereka istirahat untuk makan dan bermain sebentar. Sebelum mereka makan, mereka selalu berdoa bersama-sama baru mereka makan dan bermain. Sehabis mereka makan kami melakukan kegiatan terakhir kami yaitu bernyanyi bersama. Kami menyanyikan lagu are you sleeping dan sayonara berulang-ulang kali.

TK-A Melakukan Percobaan Gunung Berapi

Pembelajaran hari ini di kelas TK-B 1 adalah Matematika. Kami memulai pembelajaran dengan perkenalan masing-masing karena kami mengajar di kelas yang berbeda. Habis perkenalan, kamipun langsung memulai pelajaran dengan games agar anak-anak tersebut tidak bosan. Kami memulai pelajaran mereka dengan games matematika di luar kelas. Games tersebut mengajarkan mereka untukĀ berhitung menggunakan gambar-gambar tetapi kami juga memberikan mereka beberapa rintangan yang harus di lewati melewati beberapa terlebih dahulu. Di games ini mereka juga belajar menjaga keseimbangan. Setelah kami selesai bermain games di luar kelas, kamipun masuk ke dalam kelas dan melakukan kegiatan selanjutnya. Kami membagi mereka menjadi 3 kelompok seperti di hari sebelumnya. Kami membagi 3 kelompok karena kami mempunyai 3 kegiatan meja yang harus di lakukan anak-anak tersebut. Kelompok pertama mendapatkan kegiatan mewarnai gambar yang telah kami sediakan lalu mereka diminta untuk menarik garis untuk menghubungkan angka-angka yang ada di kertas. Kelompok kedua mendapatkan kegiatan menempel-nempelkan potongan origami ke kertas yang sudah kami sediakan lalu mereka juga diminta untuk menarik garis untuk menghubungkan angka-angka yang ada di kertas. Kelompok ketiga mendapat pelajaran dari buku latihan mereka. Mereka mempelajari jarum jam di buku latihan mereka. Semua anak akan mendapatkan kegiatan meja tersebut karena mereka akan secara bergiliran mengunjungi setiap meja. Setelah semua itu selesai, anak-anak akan istirahat untuk makan siang dan bermain sebentar. Sebelum mereka makan siang, mereka selalu berdoa bersama terlebih dahulu baru mereka makan dan bermain bersama-sama. Sehabis makan kami berkumpul kembali dan kami mengadakan games kecil-kecilan agar anak-anak tidak bosan dengan belajar terus menerus. Kemudian kami melakukan quiz untuk mereview pembelajaran yang mereka sudah diajarkan tadi. Lalu kami memberikan mereka hadiah yang dapat menjawab pertanyaan dari kami.

TK-B 1 Melakukan 3 Kegiatan Kelompok

Pembelajaran hari ini di kelas TK-B 1 adalah Bahasa Inggris. Kami memulai pembelajaran dengan perkenalan masing-masing karena kami mengajar di kelas yang berbeda tetapi di kelas ini kami melakukan perkenal menggunakan bahasa inggris karena di hari tersebut kami lagi belajar bahasa inggris. Habis perkenalan, kami mengajari mereka bagian tubuh mereka dalam bahasa inggris juga. Kami melakukan itu semua dengan cepat karena kami masih punya dua kegiatan lagi yaitu menjiplak peta Indonesia dan menggambar rumah. Mereka menjiplak peta Indonesia dan juga menuliskan nama masing-masing pulau. Kemudian pada saat menggambar rumah disini mereka di latih untuk berkreatifitas. Setelah semua itu selesai, anak-anak akan beristirahat untuk makan dan bermain sebentar. Sebelum makan dan bermain, mereka selalu berdoa bersama-sama terlebih dahulu. Setelah mereka bermain sebentar, mereka bersihkan mainan yang tadi mereka mainkan lalu mereka berkumpul. Kemudian kami mengajak mereka untuk bernyanyi bersama-sama. Kami menyanyikan lagi head, shoulder, knees, and toes agar mereka dapat mengingat tentang apa yang tadi sudah mereka pelajari tentang bagian tubuh.

Mengejakan Anak-Anak Nama Pulau

Membantu Anak-Anak Mengambar Rumah

Membantu Anak-Anak Menempel-Nempel

Setelah kegiatan terakhir selesai, bel pulang sekolah pun berbunyi. Itu tandanya sudah pukul 11.00, anak-anak sudah harus bersiap-siap untuk pulang sekolah. Mereka selalu berdoa setiap sebelum pulang sekolah. Kami tetap tinggal untuk melakukan evaluasi bersama-sama dengan guru yang bersangkutan. Kemudian barulah kami semua boleh pulang ke rumah masing-masing.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS